Senin, 19 Juli 2010

Mengapa MBB-ISBD Perlu Diajarkan Di Perguruan Tinggi Umum

Ada empat landasan mengapa ISBD perlu diberikan pada mahasiswa di perguruan tinggi umum, yaitu landasan historis, landasan filosofis, landasan yuridis dan landasan pedagogis.
Berdasarkan pada landasan historis ada beberapa alasan mengapa isbd perlu diberikan di ptu diantaranya nenek moyang kita orang beragama terbukti dengan peninggalan sejarahnya, memiliki warisan budaya dan peradaban tinggi serta bangsa Indonesia dikenal sebagai bangsa yang ramah, cinta damai, toleran dan bergotong. Sedangkan berdasar pada landasan filosofis, Bangsa Indonesia memiliki falsafah hidup Pancasila yaitu :
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Sedangkan dari landasan Yuridis Formal diantaranya : UUD’45 Pasal 30, 31, UU No 20 TH 2003 tentang Sisdiknas, Keputusan Mendiknas No. 232/U/2000 dan No. 045/U/2002) tentang Kurikulum Inti, Keputusan Dirjen Dikti. No 30/DIKTI/Kep/2003 tentang rambu-rambu Pelak MPK di PT, Surat Edaran Dirjen Dikti : No 1058?D/T/ 2003 tentang Pelaksanaan Keputusan Dirjen Dikti No 30 dan Keputusan. Dirjen Dikti : No 29/DIKTI/Kep/2004 tentang Pengangkatan Tim Pembina Kelompok MPK dan MBB.
Berdasar pada landasan pedagogis adalah tujuan dari pendidikan mewujudkan manusia indonesia seutuhnya, maka dalam upaya mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya diperlukan suatu proses secara terencana, terus menerus dan berkesinambungan, (disebut proses pendidikan), lalu dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat perlu adanya pewarisan pengetahuan, nilai religi, dan sosial budaya, selanjutnya dalam pergaulan global perlu mempertahankan jati diri sebagai bangsa yg beragama, berdaulat dan bermartabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar