Senin, 19 Juli 2010

Kondisi Manusia dan Pendidikan Indonesia Saat Ini yang melatarbelakangi lahirnya ISBD

Indonesia saat ini sangat dipengaruhi oleh beberapa kondisi diantaranya adalah globalisasi, sekularisasi, universalisme, modernisasi, teknologi dan ilmu pengetahuan. Keadaan ini berakibat pada sikap masyarakat Indonesia yang egois, individualis, materialistis, sekuler, hedonis, krisis akhlak dan agama sebagai simbul.

Sementara itu Kondisi Pendidikan Indonesia sangat dipengaruhi oleh adanya sekularisasi pendidikan, politisasi pendidikan dan over spesialisasi. Hasil dari pengaruh kondisi-kondisi ini adalah arah pendidikan kurang jelas, pendidikan sebagai barang mahal, pendidikan tidak merata, penyelewengan dana pendidikan cukup tinggi, kurang penghargaan pada Guru/Dosen, kualitas dan kuantitas guru/dosen kurang, pendidikan kepribadian kurang mendapat perhatian serius dan mencetak tukang.
Dari beberapa kondisi di atas dirasakan perlunya pendidikan yang dapat mengembangkan keseluruhan dari aspek kepribadian. Sumbangsih dari ISBD diharapkan dapat mendorong konsep pendidikan yang komprehensif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar